cart



Khasiat / Herbal

Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam)

Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam)
Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam)
klik gambar untuk memperbesar

Spesifikasi Produk

Nama Produk : Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam)
Produsen : -- Belum Terdata --
Kode Produk : 10812
Berat dengan packing : 0.05 kg
Harga normal : Rp 60.000
Volume (Isi) : Harga 1 tanaman tingginya 40-50cm

Info Potongan Harga / Diskon

60000 Harga normal: Rp 60.000
Harga menjadi:setelah total
belanja mencapai:
hemat per item:
Rp 60.000 Rp 0 Rp 0 (0%)

Deskripsi Produk Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam)

Buat anda pecinta Tanaman Herbal pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang memiliki banyak manfaat dan sangat muda perawatannya. Cukup disiram pada pagi hari dan sore hari.
  • Hanya melayani pengiriman Via Go-Send (go-jek) / Pengambilan di Toko yaa :)
  • Harga untuk 1 tanaman yang tingginya 40-50cm.

Manfaat Daun Bidara Disebut Dalam Hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Pohon Bidara adalah jenis pohon kecil atau tumbuhan semak penghasil buah dan memiliki banyak manfaat mulai dari kayu (batang), buah maupun daunnya. Dalam pengobatan tradisional daun bidara banyak digunakan sebagai bahan obat penyakit tertentu.

Ciri-Ciri Pohon Bidara

Pohon bidara memiliki cabang-cabang menyebar dan lebih sering menjuntai. Tinggi bisa mencapai 15 meter dan bisa tumbuh subur di daerah kering. Ranting-ranting pohon tak beraturan dan memiliki banyak duri kecil. Pohon umumnya berdiri tegak kebanyakan bengkok (tidak lurus) dan keras. Daun bidara berwarna hijau, bulat kecil agak lonjong berduri pada tangkainya. Bunganya kecil agak berbulu dengan warna agak kekuningan, menempel atau tumbuh pada ketiak daun dan mengeluarkan aroma wangi khas buah. Bentuk buah bulat dan sebagian bulat agak lonjong telur. Saat masih muda buah berwarna hijau pekat kemudian berubah warna merah kekuningan setelah mulai masak. Rasa buah bidara agak manis asam ,daging buah putih menepung atau agak lembut dengan kulit biji keras.

Di Arab tanaman ini dikenal dengan nama Nabka atau Sidr. Pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pohon bidara sudah dikenal sebagai tanaman berkhasiat dan banyak di gunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan dalam hadits dan Al-qur’an banyak disebutkan terkait pohon berduri ini, sebagi tanaman berkhasiat untuk membersihkan kotoran dan menguatkan rambut.

Dalam Hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu disebutkan terkait seorang yang jatuh dari untanya kemudian meninggal, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

اغْسِلُوْهُ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ وَكَفِّنُوْهُ فِي ثَوْبَيْنِ

“Mandikan lah dia dengan air dan daun bidara lalu kafanilah dengan dua baju”. (HR. Bukhari-Muslim).

Dalam Hadits lain juga disebutkan dari Aisyah bahwasanya Asma` bintu Syakal bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tentang mandi Haid, kemudian Rasulullah memerintahkan untuk mengambil air dan daun bidara. Dalam hadits tersebut menunjukkan manfaat daun bidara.

Berikut ini khasiat dan manfaat daun bidara berdasarkan hadits nabi :

1. Dapat Mengobati Sihir Dan Gangguan Jin

Daun widara juga ampuh mengobati orang yang sedang terkena gangguan jin, sihir dan guna-guna. Ciri-ciri orang yang terkena gangguan jin atau guna-guna biasanya suka melamun dan lebih banyak berdiam diri. Tatapan matanya kosong dan mudah marah. Sering menangis sendiri atau berbicara sendiri dan lain-lain.

Imam Ibnu Baz pernah menjelaskan cara pengobatan sihir,

ومن علاج السحر بعد وقوعه أيضا وهو علاج نافع للرجل إذا حبس من جماع أهله أن يأخذ سبع ورقات من السدر الأخضر فيدقها بحجر أو نحوه ويجعلها في إناء ويصب عليه من الماء ما يكفيه للغسل , ويقرأ فيها آية الكرسي و ( قل يا أيها الكافرون ) و ( قل هو الله أحد ) و ( قل أعوذ برب الفلق ) و ( قل أعوذ برب الناس …

Diantara cara mengobati sihir – dan ini obat yang manfaat untuk para suami yang terhalangi sehingga tidak bisa berhubungan badan – dia bisa mengambil 7 lembar daun bidara hijau, kemudian ditumbuk dengan batu atau semacamnya, lalu ditaruh di ember, kemudian dicampur air yang cukup untuk mandi. Kemudian dibacakan ayat kursi, al-kafirun, al-ikhlas, al-falaq, an-Nas…. (beliau menyebutkan beberapa ayat lainnya). (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 3/279)

Keterangan yang lain disampaikan Syaikh Abdullah Aljibrin,

وكذا رَقَيْتُ على بعض الأقارب أو الأحباب الذين حبسوا عن نسائهم ، بما ذكره ابن كثير من ورقات السدر ، وقراءة الآيات التي ذكرها ، فوقع الشفاء بإذن الله

Demikian pula, saya pernah meruqyah anggota keluarga dan orang-orang dekat saya yang tidak bisa melakukan hubungan dengan istrinya karena sihir. Saya ruqyah dengan menggunakan beberapa lembar daun bidara seperti yang disebutkan Ibnu Katsir, dan membacakan beberapa ayat al-Quran, dan dengan izin Allah, sembuh.  (as-Shawaiq al-Mursalah fi at-Tashaddi lil Musya’widzin wa as-Saharah)

Cara Meruqyah dengan Daun Bidara : Pertama, ambil  7 lembar daun bidara , kemudian dihaluskan dan larutkan dalam air. Kemudian dibacakan ayat ayat ruqyah lalu di niatkan untuk ruqyah :

Baca Al - Fatihah 1x ditupkan ke air
Baca Ayat Kursi 1x ditiupkan lagi ke air
Baca Al - Ikhlas 1x ditiupkan ke air
Baca Al - Falaq 1x ditiupkan ke air
Baca An - Naas 1 x ditiupkan lagi ke air

[[Media air yang bisa digunakan : Lebih bagus pakai air zam – zam. Namun bisa juga menggunakan air biasa]]

Meruqyah dengan Cara Mandi :

  1. Ambil air kran ke dalam ember , tumbuk 7 helai daun bidara lalu masukkan ke dalam ember tadi.

 

  1. Masukkan tangan ke dalam ember untuk mengaduk daun bidara yang sudah ditumbuk/ dihancurkan tadi sambil membacakan ayat ayat ruqyah seperti sebelumnya yakni : Al - Fatihah, An- Naas, Ayat Kursi, Al - Ikhlas dan Al - Falaq sambil ditiupkan ke dalam ember yang sudah berisi air + daun NIAT untuk menjadikan air tersebut sebagai air ruqyah.

 

  1. Selanjutnya ambil air didalam ember menggunakan gayung. Ambil airnya, usap usapkan ke tubuh. Jadi tidak usah satu ember dihabiskan untuk mandi gebyar gebyur. Cukup diambil airnya dan dioleskan. Mengusap dengan niat "Untuk menghancurkan sihir". Cara ini bisa dilakukan minimal selama 2 minggu. Insyaallah sihir dan syetan yang mengganggu kesadaran orang yang terkena guna-guna atau sihir bisa segera sembuh.

 

2. Khasiat Daun Bidara Untuk Memandikan Janazah

Pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, daun bidara dimanfaatkan untuk memandikan dan membersihkan janazah. Hadits Ummu ‘Athiyah ketika putri nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam meninggal,

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ
“Mandikanlah dia tiga kali, atau lima, atau tujuh, atau lebih jika kalian melihatnya dengan air dan daun bidara” (HR. Bukhari-Muslim).

3. Khasiat Daun Bidara Untuk Kekuatan Rambut

Selain disunnahkan memandikan jenazah dengan campuran daun bidara. Rasulullah juga memerintahkan penggunaan daun bidara bagi wanita ketika sedang mandi haid, karena khasiat daun bidara yang mampu membersihkan dan membuat rambut menjadi kuat.
Hadits ini diriwayatlkan oleh ‘Aisyah Radhialluhu anha, Rasulullah bersabda :

‘Salah seorang di antara kalian (wanita haid) mengambil air yang dicampur dengan daun bidara, lalu dia bersuci dan memperbaiki bersucinya. Kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya seraya menggosoknya dengan gosokan yang kuat sampai air masuk ke akar-akar rambutnya, kemudian dia menyiram seluruh tubuhnya dengan air. Kemudian dia mengambil secarik kain yang telah dibaluri dengan minyak misik lalu dia berbersih darinya.’ ‘Aisyah berkata, ‘Dia mengoleskannya ke bekas-bekas darah’. (HR. Muslim)

4. Manfaat Daun Bidara Untuk Jerawat

Daun bidara juga memiliki manfaat untuk perawatan wajah terlebih untuk jenis wajah berminyak. Umumnya wajah berminyak lebih mudah terpapar kotoran atau debu sehingga memicu timbulnya jerawat.

Caranya:

Ambil 5 lembar daun bidara atau lebih lalu tumbuk sampai halus tambahan sedikit air kemudian aduk rata hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pasta tadi pada wajah secara merata sambil memijat lembut. Biarkan hingga 15 menit lalu cuci dengan air bersih. Lakukan cara minimal 2 kali seminggu, setelah pemakaian rutin selama 1 bulan bisa dilihat hasilnya kulit akan terasa lebih lembut dan bercahaya.

Selain untuk menyembuhkan penyakit non medis, daun bidara juga ternyata  berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit medis serta bisa digunakan untuk perawatan wajah dan kecantikan. Berikut ini beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa diobati menggunakan daun bisara diantaranya ;

  1. Meningkatkan nafsu makan.
  2. Menurunkan kadar gula darah
  3. Perawatan wajah terutama untuk kulit berminyak
  4. Menghilangkan bau tidak sedap saat haid
  5. Mengobati luka gores dengan daun bidara
  6. Mengobati gangguan percernaan (penyakit lambung)
  7. Mengobati Bisul membandel
  8. Sebagai obat jerawat dan membuat kulit tetap sehat
  9. Obat sakit perut, pilek dan flu
  10. Obat sariawan seperti bibir pecah-pecah

Kandungan yang terdapat di dalam bidara diantaranya mengandung senyawa antibakterial dan anti septik alami sehingga sangat efektif untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti batuk, pilek, flu, luka gores dan masih banyak lagi jenis gangguan kesehatan yang bisa menggunakan daun bidara untuk membantu proses penyembuhan secara alami.

 

Buat anda pecinta Tanaman Herbal pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang memiliki banyak manfaat dan sangat muda perawatannya. Cukup disiram pada pagi hari dan sore hari. Hanya melayani pengiriman Via Go-Send

Komentar dan Pertanyaan seputar Produk Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam):


Produk terkait dengan Produk Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam):


10-15% off
KOPI RADIX 32 Sachet 100% ORIGINAL HPA MALAYSIA
Rp 150.000
Rp 135.000

Kategori terkait Bibit Pohon Daun Bidara Arab 40-50 cm (Siap Tanam):


Sulit Tidur, Benih/Bibit Pohon
Last Modified: